Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengobati Encok

Dalam artikel kali ini kami akan berbagi informasi mengenai Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengobati Encok yang mana mampu mengobati encok secara Efektif dan Aman tanpa menyebabkan efek samping apapun.

Mungkin encok terdengar seperti sakit yang sering dialami oleh orang yang sudah berumur. Padahal kondisi ini bisa saja terjadi pada siapa pun sebab ini merupakan jenis arthritis inflamasi yang memengaruhi sendi-sendi kecil.

Pengertian Encok
Encok adalah nama dari suatu penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh terjadinya penumpukan kristal asam urat yang berada di dalam jaringan ikat. Yaitu berada di dalam ruang antara dua tulang, atau justru dapat di dalam tulang itu sendiri.

Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengobati Encok

Terjadinya penumpukan kristal inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan artitis yang dapat memicu pembengkakan, rasa panas, kemerehan pada kulit yang di areal sendi yang terserang encok, nyeri hingga sakit yang teramat, serta kekakuan di persendian. Karena rasa sakit yang menyerang ini terkadang penderita juga mengalami sedikit gejala asam urat yang tidak disadari.

Tumpukan asam urat merupakan zat yang dihasilkan dari proses pemecahan purin. Pada dasarnya asam urat dapat terlarut di dalam darah dan melewati ginjal manusia, sebelum akhirnya dikeluarkan melalui urin. Namun, jika produksi dari asam urat di dalam tubuh meningkat tak terkontrol, maka ginjal tidak cukup kuat untuk menghilangkan asam urat, selanjutnya kondisi tersebut memicu terjadinya hyperuricemia atau peningkatan kadar asam urat dalam darah.

Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengobati Encok

Mengetahui informasi mengenai Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengobati Encok merupakan suatu langkah terbaik yang perlu anda lakukan untuk mencegah tubuh terserang penyakit encok, serta untuk membantu mengatasi penyakit encok dengan tepat dan aman.

Penyebab Encok
Seperti dikutip dari Medic8.com, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena encok beberapa diantaranya yaitu :

  • Kelebihan berat badan. Hal ini karena terdapat lebih banyak jaringan yang bisa pecah atau berganti sehingga memicu meningkatnya produksi asam urat.
  • Terlalu banyak minum alkohol, sehingga mengganggu perjalanan asam urat untuk keluar dari tubuh.
  • Adanya gangguan pada salah satu enzim yang membantu pemecahan senyawa purin yang membuat seseorang kena encok jika makanan makanan yang mengandung purin.
  • Mengonsumsi obat tertentu seperti salisilat, cyclosporine, levodopa atau obat diuretik.
  • Genetik kemungkinan memainkan peran, meskipun tidak terlalu besar. Karena diperkirakan sekitar 18 persen orang yang encok memiliki riwayat penyakit ini.

Gejala Encok
Berikut adalah beberapa gejala yang umumnya sering dirasakan oleh orang yang menderita encok, diantaranya yaitu :

  • Muncul Rasa Nyeri. Rasa nyeri biasanya menandai atau mencul di sekitar areal pusat encok, bisa di punggung, kaki, pundak, pinggang, dan beberapa tempat lain.
  • Terjadi Pembengkakan. Pembengkakan dapat saja terjadi pada bagian tubuh yang terkena encok.
  • Perubahan Warna Kulit. Perubahan warna kulit pada bagian yang terserang encok sering juga terjadi. Biasanya perubahan warna yang terjadi disertai dengan rasa sakit yang mendalam.
  • Terjadi Pada Malam Hari. Kebanyakan kasus, penderita encok akan terserang atau kumat pada malam hati. Hal ini disebabkan karena pada malam hari suhu lingkungan cenderung lebih dingin.

Jika anda sering merasakan nyeri pada bagian bagian yang sering terkena encok, seperti pinggul dan pundak, dll. Alangkah baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan sedari dini. Jangan pernah anda menyepelekan rasa sakit yang datang, karena walaupun sebagian orang ada yang beranggapan bahwa rasa nyeri hanya sebagai akibat rasa lelah setelah bekerja, akan tetapi encok justru dapat berkelanjutan dan akan mengganggu kesehatan.

Cara Alami Mengobati Encok
Terdapat beberapa langkah pengobatan alami yang dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi penyakit encok yang sering anda derita, diantaranya yaitu dengan cara :

Minum Banyak Air Putih
Minum air putih yang banyak bisa menjaga sel-sel tubuh dalam keadaan tetap baik, selain itu mengkonsumsi cukup air putih bisa digunakan untuk melarutkan zat purin atau kadar asam urat di dalam tubuh seseorang. Asam urat yang berlebihan tersebut akan dikeluarkan bersamaan dengan urin. Efek kekurangan air putih akan menyulitkan kinerja tubuh untuk bisa melarutkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Buah Ceri
Buah ceri tidak hanya bisa digunakan sebagai penghias kue, namun khasiat buah ceri bisa digunakan sebaga penghilang rasa sakit saat encok datang. Makanan yang mengandung vitamin C dan mineral yang ada dalam buah ceri bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit saat encok datang. Untuk mengatasi encok, anda bisa mengkonsumsi buah ceri sebanyak 20 buah ceri setiap harinya.

Jus Sayur
Mengkonsumsi jus sayur setiap hari bisa bermanfaat dalam mengatasi encok. Sayuran memiliki serat dan memiliki banyak vitamin serta mineral di dalamnya. Sehingga mengkonsumsi jus sayur dipercaya bisa mengatasi encok secara efektif. Penyebab encokĀ  bisa hilang dengan konsumsi kombinasi jus dari berbagai macam sayur. Jus sayur yang bisa anda buat misalnya adalah wortel, timun dan juga buah bit.

Kombinasi dari berbagai macam jenis sayuran tersebut bisa digunakan untuk menangkal penyakit encok. Asupan jus sayur yang harus anda buat setiap harinya sekita 500 ml jus sayuran.

Pisang
Mengkonsumsi pisang bisa digunakan untuk menyembuhkan encok. Untuk menetralisir rasa sakit, penderita encok dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang maksimal 10 buah dalam sehari. Pisang juga kaya akan antioksidan, mengkonsumsi pisang secara teratur selain bisa digunakan untuk meyembuhkan encok juga bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kanker.

Apel
Apel kaya akan antioksidan, selain bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas dan mencegah sel kanker. Apel juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyebab encok. Selain antioksidan, apel juga mengandung malic acid yang dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat dan menetralkannya kembali.

Jika kadar asam urat normal maka encok pun bisa hilang. Penderita encok diwajibkan mengkonsumsi apel sebanyak satu butir setiap harinya.

Jeruk Limau
Mengkonsumsi jeruk limau juga bisa digunakan untuk meredakan sakit encok. Alasannya adalah jeruk limau mengandung banyak vitamin C. Buah yang mengandung vitamin C bisa menyembuhkan rasa sakit akibat encok, rasa sakit itu biasanya ada di jaringan ikat dan di jaringan penghubung. Selain vitamin C kandungan asam sitrat pada jeruk limau bisa digunakan untuk penguat di jaringan penghubung.

Kulit Manggis
Mengobati encok bisa menggunakan kulit manggis. Caranya sangat mudah, yaitu sebagai berikut ini :

  • Potong kulit manggis menjadi bagian yang lebih kecil.
  • Jemur kulit manggis tersebut sampai semua bagian menjadi kering sempurna.
  • Saat sudah kering, anda bisa menyeduh kulit manggis tersebut bersamaan dengan air hangat.
  • Minum secara rutin. Kandungan antioksidan dan berbagai macam vitamin yang ada di dalam kulit manggis bisa digunakan untuk mengobati encok.

Daun Encok
Mengobati encok bisa menggunakan daun encok. Caranya sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan daun encok segar sebanyak 15 gram.
  • Cuci bersih daun encok tersebut.
  • Tambahkan kapur sirih sebanyak satu sendok makan.
  • Tumbuk daun encok bersamaan dengan kapur sirih tersebut.
  • Daun encok dan juga kapur sirih yang telah ditumbuk halus, ditempelkan pada tempat yang terkena encok.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengobati Encok. Semoga saja informasi yang telah disampaikan di atas dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mengatasi encok yang sedang diderita.

Penyebab, Gejala dan Cara Alami Mengobati Encok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *